Laman

Senin, 07 Januari 2013

Senyum Tak Hanya Menyehatkan

Sudah sejak lama kita mendengar pepatah lama bahwa senyum itu menyehatkan baik secara fisik maupun psikologis. Secara estetika, orang yang tersenyum membuat wajahnya tampak lebih cantik atau tampan. Ini mungkin karena berdasarkan suatu penelitian bahwa senyum merupakan hal yang paling menarik dari seseorang, mengalahkan wajah tampan atau cantik.

Lalu apa saja manfaat senyum?

Senyum Menurunkan Tekanan Darah

Dengan tersenyum tekanan darah seseorang bisa turun. Inilah yang menyebabkan tersenyum juga bisa memberikan terapi penyehatan bagi pasien yang berpenyakit jantung. Lalu, apa yang terjadi sebaliknya?

Dalam suatu penelitian, ada sejumlah relawan yang diminta menunjukkan mimik marah lalu diukur tekanan darahnya. Ternyata orang yang marah tekanan darahnya meningkat di tangan dan kaki. Mungkin inilah kenapa orang yang marah suka memukul atau menendang.

Senyum Membuat Wajah Segar

Di tataran dunia psikologi ada yang disebut senyum Duchenne. Selain kedua sudut bibir terangkat, senyum Duchenne sanggup mengangkat otot pipi hingga membuat kerutan di sekitar kelopak mata. Senyum inilah yang banyak manfaatnya. Sebuah riset menunjukkan, ketika kita tersenyum, sebanyak 17 otot wajah bergerak. Jumlah otot tergerak sebanyak itu cukup membuat wajah tampak segar.

Senyum Mengubah Mood

Jika kita sedang putus asa, frustrasi, atau dihinggapi perasaan jengkel, carilah alasan untuk tersenyum, karena ternyata dengan tersenyum perasaan itu akan berubah. Karena itu orang yang depresi ketika menonton pertunjukan yang menghibur, misalnya, bisa membuatnya lebih segar.

Senyum Melepaskan Endorphins, Serotinin, dan Pembunuh Rasa Sakit

Penelitian menunjukkan bahwa senyum membuat tubuh mengeluarkan endorphins, serotinin, dan pembunuh rasa sakit alami. Ketiganya merupakan hormon yang secara bersama-sama membuat tubuh merasa lebih baik. Karena itu senyum merupakan obat alami.

Senyum Meningkatkan Imunitas Tubuh

Senyum menolong sistem imunitas tubuh bekerja lebih baik. Ketika kita tersenyum fungsi imunitas meningkat karena tubuh lebih rileks. Karena itu, untuk mencegah flu, misalnya, cukup dengan banyak tersenyum.

Senyum Membuat Seseorang Sukses

Ini mungkin pengaruh psikologis. Tetapi jika kita melihat seseorang tersenyum terbayang ia sebagai orang yang optimistis, penuh percaya diri, mudah didekati, dan layak mendapat promosi.

Masih ada manfaat senyum lain seperti, senyum itu menularkan rasa optimistis pada orang-orang di sekitarnya.  Senyum juga menjaga seseorang agar tetap berpikiran positif.

Cuma berapa kali tersenyum yang normal, karena jika senyum-senyum sendiri terus-menerus mungkin orang akan mempunyai kesan berbeda kendatipun secarta fisik makin sehat? Menurut penelitian, balita tersenyum setiap harinya rata-rata 300 kali, anak-anak rata-rata 100 kali, sedangkan orang dewasa 15 kali. Tampaknya hingga sampai 100 kali sehari senyum masih normal, tubuh bisa sesegar anak-anak. Karena itu mari tersenyum, sambil berharap hidup kita akan lebih sehat dan di depan sukses siap menyambut.
 
"Accurate" Health Center Medan adalah pusat pengobatan holistik yang terdiri dari terapi psikologi, hipnoterapi, konseling psikologi akan membantu anda mengobati penyakit depresi pada diri anda. Di samping itu, pengobatan di "Accurate" Health Center memiliki pengobatan alternatif, seperti akupunktur, terapi pijat, fisioterapi, refleksi kaki, ramuan tradisional untuk membantu anda melengkapi proses penyembuhan yaitu dengan memperbaiki sistem syaraf dan melancarkan aliran darah. 

"Accurate" Health Center Medan merupakan pengobatan tanpa efek samping, efektif, alamiah dan  cepat khasiatnya.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk penangananya.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : Http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar